Sejarah Komunitas Online
Pemanfaatan
Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang
luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media
seperti Facebook, Twitter, Blog, You Tube, Koprol, Kaskus, MIG33 meningkat
tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di
Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia
mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia
berada diperingkat 6 dunia (2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan
bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari
interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah
beragam komunitas online. Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita
mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu.
Komunitas
adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan
adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari
anggotanya (misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan),
kesamaan nama (misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby (misal: Komunitas Mancing
Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan
Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu (misal : Komunitas Yamaha
Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga (misal : komunitas
MU Mania,Jak Mania), kesamaan menggunakan platform online tertentu (misal:
Komunitas Blogger, Tweeps, Facebooker).
Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas
itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan
komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour
Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas
Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas
B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya
orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan
bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan..
KOMUNITAS
ONLINE dan KEUNIKANNYA Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai
keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas
online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di
satu tempat. Onliner New
York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam
sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui
internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau
Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak
afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya.
Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar.
Kopdar
adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut
kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan
pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin
bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah
komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut
terhadap komunitasnya.
Beberapa sejarah dari komunitas yang
pernah menjadi trend di kalangan masyarakat yaitu :
1. Friendster
Pada
tahun 2002 , seorang programmer komputer bernama Jonathan Abrams menciptakan
sebuah jejaring sosial bernama friendster di Mountain View , California .
Friendster merupakan salah satu situs jaringan sosial pertama untuk mencapai
lebih dari 1 juta anggota pertama . Kata " friendster " berasal
dari kata friends = teman dan napster = rekan file sharing . Jadi
, friendster berasal dari dua gabungan kata yaitu , friend dan napster
.Awalnya friendster dikenal sebagai situs jejaring sosial , tetapi baru - baru
ini friendster di daur ulang menjadi situs permainan sosial yang berfokus pada
permainan dan musik .
2. Facebook
Facebook
merupakan layana jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan
Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook,Inc . Facebook
diciptakan oleh mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg , bersama teman
sekamarnya dan mahasiswa Ilmu Komputer yaitu Eduardo Saverin , Dustin Moskovitz
, dan Chris Hughes . Keanggotaan situs web ini awalnya hanya terbatas pada
mahasiswa Harvard saja , tetapi lama kelamaan berkembang ke universitas lain
hingga akhirnya untuk setiap orang yang berumur 13 tahun ke atas .
Studi compete.com pada bulan januari
2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak
digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia . Pada Mei
2012 , Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif , lebih dari
separuhnya menggunakan peralatan bergerak . Untuk dapat bergabung dalam
situs web ini pertama pengguna harus mendaftar atau sign up . Setelah
itu pengguna dapat membuat profil pribadi , menambahkan pengguna lain sebagai
teman dan bertukar pesan .
3. Twitter
Twitter diciptakan oleh Jack Dosey pada tahun 2006 .
Twitter merupakan situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter,Inc , situs ini berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan atau tweets .
Tweets adalah teks tulisan yang berisi maksimal 140 karakter yang
ditampilkan pada halaman profil pengguna . Pengguna dapat mengikuti pengguna
twitter lainnya yang dikenal dengan Following . Sedangkan pengguna juga
dapat memiliki pengikut yang sering disebut Followers. Hingga saat ini
twitter mendapatkan popularitas dari seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih
dari 100 juta pengguna
Kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam
ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat Tetapi berhati- hatilah
karena cakupannya yang terlalu besar. Komunitas online bisa menjadi tempat
strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya
adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak-
anak. Selain itu banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak
berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.
Fenomena polarisasi kelompok adalah
kecenderungan kelompok yang menyebabkan orang mengubah keputusan mereka ,
baik ke arah yang lebih teliti ataupun mengambil resiko . Polarisasi kelompok
menimbulkan , mengumpulnya pendapat kelompok pada satu pandangan tertentu . Di
dalam internet tersedia berbagai macam informasi yang dapat di akses secara
leluasa hal ini memungkinkan seseorang membentuk kelompok dalam internet
● Kelompok Unik dalam
Internet
Kelompok kerja virtual adalah
sekumpulan orang yang bekerja dalam sebuah proyek yang umum melalui teknologi misalnya
email , pesan instan , dan database bersama . Mereka menggunakan komputer agar
dapat berinteraksi dengan anggota lain yang terpisah secara fisik guna mencapai
tujuan bersama . Kelompok kerja virtual memiliki keunggulan dibanding kelompok
kerja laiinya misalnya : lebih cepat berbagi informasi , pengambilan keputusan
dan perampungan pekerjaan .
● Brainstorming Elektronik dalam Kelompok
Brainstorming merupakan teknik
kreativitas yang dirancang untuk menghasilkan sejumlah ide - ide besar untuk
solusi suatu masalah . Elektronik brainstorming adalah versi komputerisasi
dari teknik brainwriting manual. Hal ini biasanya didukung oleh sistem rapat elektronik (EMS),
tetapi juga bentuk yang lebih sederhana dapat dilakukan melalui email dan
mungkin browser berbasis, atau menggunakan peer-to-peer software.
● Mengembangkan Kepercayaan dalam
Komunitas Online
Untuk menciptakan teknologi baru
para anggota Tim Virtual dituntut untuk berkolaborasi antar anggota tim . Hal
ini hars ditunjang dengan dipupuknya kepercayaaan antar anggota tim . Hal ini
dapat dilakukan oleh Leader tim dengan melakukan langkah - langkah sebagai
berikut :
- Meningkatkan tanggung jawab bersama
- Pertukaran informasi
- Pengembangan ide - ide baru
- Memberikan motivasi kepada team
- Berani mengambil resiko dan tanggung jawab ketika proyek tersebut mendapat masalah dan dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut
- Menciptakan kejujuran dan keterbukaan satu sama lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar